Saturday 11 November 2017

Cara Mudah Menghafal Rumus Tenses dengan Cepat

Cara Mudah Menghafal Rumus Tenses dengan Cepat | Mungkin diantara kalian ada yang menghafal Rumus Tenses satu-demi satu. Padahal tanda waktu (Tenses) dalam bahasa Inggris jumlahnya ada 16 Tenses. Tentunya butuh perjuangan yang sangat besar. Seperti perjuangan untuk mendapatkan dia. #halah. Tapi jangan khawatir, galau dan gundah merana. Disini saya akan berbagi cara mudah dan cepat menghafal Rumus Tenses.

Sebenarnya Tenses hanya disusun dalam delapan unsur saja. Dan delapan unsur itu dibagi menjadi 2, yaitu berdasarkan waktu (Time) dan Kejadian (Event).

Tenses Berdasarkan Waktunya

Berdasarkan waktu kejadiannya, tenses di bagi menjadi 4, yaitu:

Pertama: Present (Pr)
Present adalah tenses yang terjadi sekarang ini. Tenses ini disimbolkan dengan Pr. Rumus untuk tenses ini adalah ai/bi. Rumus ai terdiri dari (is, am, are) atau digunakan untuk kalimat nominal. Rumus bi (bare infinitive) terdiri dari verb asli atau di sekolah sering disebut V1. Untuk lebih jelas maka dibuat rumus berikut:
Present: ai/bi


Kedua: Past (Ps)
Continous adalah tenses yang terjadi di masa lalu. Tenses ini disimbolkan dengan V2 atau dalam blog ini kedepan akan menggunakan simbol Pt atau past tense. Untuk lebih jelasnya maka dibuat rumus berikut:
Past: Pt

Ketiga: Future (F)
Future adalah tenses yang terjadi di masa yang akan datang. Tenses ini dirumuskan dengan  F atau Future. Future memiliki unsur will/shall. Untuk lebih jelasnya maka dibuat rumus berikut:
Future: Will/Shall 

Keempat: Past Future (Ps F)
Past Future adalah tenses yang seharusnya terjadi di waktu lampau namun tidak terjadi karena ada sebab tertentu (unreal tenses). Tenses ini disimbolkan dengan PS F. Past Future memiliki unsur would/should + bi. Untuk lebih jelasnya maka dibuat rumus berikut:
Past Future: Would/Should + bi

Setelah kita membahas tentang Tenses berdasarkan waktunya (Time) sekarang kita akan bahas Tenses berdasarkan Kejadiannya (Event).

Tenses berdasarkan Kejadian (Event) 

Berdasarkan kejadiannya, tenses dibagi menjadi empat, yaitu:

Pertama: Simple (S)
Simple adalah tenses yang umumnya berbicara tentang kejadian yang sederhana. Bisa berupa kejadian yang ferjadi secara spontan, serta tidak mengandung unsur perfect (ada efek) dan juga tidak mengandung unsur continous (sedang terjadi atau sedang berlangsung). Tenses ini disimbolkan dengan S. Rumus tenses ini adalah Φ. Untuk lebih jelasnya maka dibuat rumus berikut:
Simple: Φ

Kedua: Continous (C)
Continous adalah jenis tenses yang pada umumnya berbicara mengenai kejadian yang Sedang Terjadi Pada Titik Waktu Tertentu. Tenses ini disimbolkan dengan C. Continous memiliki rumus be + Ving. Namun di Blog ini Ving diganti dengan Pres.pt (Present Participle). Jadi rumus Continous menjadi berikut:
Continuos: be + pres.pt

Perfect (PF)
Perfect adalah jenis Tenses yang pada umumnya berbicara mengenai kejadian yang Telah Selesai Terjadi. Tenses ini disimbolkan dengan PF. Perfect memiliki rumus have + V3. Namun diblog ini, V3 diganti dengan PP (Past participle). Jadi rumus Perfet menjadi berikut:
Perfect: Have + PP

Perfect Continous (PF.C)
Perfect Continous adalah jenis Tenses yang pada umumnya berbicara mengenai Kejadian yang Sedang Berlangsung Dari Titik Awal Waktu Tertentu Sampai Titik Akhir Tertentu. Tenses ini disimbolkan dengan PF.C. Present perfect memiliki unsur have + been + pres.pt. Jadi rumus Perfect Continous menjadi berikut:
Perfect Continous: have + been + pres.pt

Penggunaan Rumus
Cara untuk menggunakan rumus tersebut adalah dengan metode Perkawinan. Yaitu mengawinkan unsur yang terdekat. Untuk lebih jelasnya adalah pada perfect continous merupakan gabungan antara rumus Perfect dan Continous. 
Perfect rumusnya = Have + PP
Continous rumusnya = be + pres.pt

Perfect Continous = Perfect + Continous
Have + PP    be + Pres.pt
Perhatikan antara PP dan be saling berdekatan, maka mereka harus dikawinkan. Yaitu bentuk PP dari be adalah been. Rumus Perfect Continous tetap sama, yang berbeda hanyalah PP + be sudah kawin menjadi been. Jadi rumus Perfect Continous menjadi:
have + been + pres.pt.

masih bingung?

Coba dengan Past Perfect.
Past = Pt
Perfect = have + PP

Past Perfect = Past + Perfect
Pt    Have + PP
Pt dan have saling berdekatan, maka harus dikawinkan. Caranya adalah mencari bentuk Pt dari have, yaitu had. Jadi rumus past perfect menjadi Had + PP. 

Untuk lebih jelasnya dapat melihat tabel berikut
mudah menghafal rumus tenses



Related Posts

Cara Mudah Menghafal Rumus Tenses dengan Cepat
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *